Maraknya
pertumbuhan bisnis di berbagai penjuru nusantara, tentunya tidak bisa
dipisahkan dari tingkat persaingan pasar yang semakin hari semakin
pesat. Kondisi ini tentunya menghadirkan tantangan baru bagi para pelaku
bisnis di Indonesia, sehingga mereka dituntut untuk selalu aktif dan
kreatif dalam menentukan strategi pemasaran produk yang akan mereka
tawarkan kepada calon pelanggannya.
Melihat kondisi tersebut,
yang perlu diperhatikan para pelaku usaha yaitu merencanakan strategi
promosi dengan cukup matang. Bila strategi yang Anda gunakan tidak jauh
berbeda dengan strategi promosi lainnya yang digunakan para pesaing
Anda, maka tidak menutup kemungkinan bila kegiatan promosi tersebut
tidak memberikan dampak penjualan yang cukup signifikan, namun hanya
menimbulkan biaya tambahan untuk keperluan promosi sehingga resiko
kerugian tidak bisa terhindarkan dari bisnis yang Anda jalankan.
Untuk
menghindari kondisi yang kurang menyenangkan tersebut, berikut ini kami
informasikan beberapa strategi pemasaran kreatif yang bisa Anda
jalankan untuk memancing rasa penasaran para pelanggan.
Pertama, berikan keuntungan bagi
para pelanggan Anda. Pada prinsipnya setiap konsumen akan merasa senang
bisa mereka mendapatkan banyak keuntungan dari transaksi pembelian yang
mereka lakukan. Oleh karena itu, sebisa mungkin berikan keuntungan
lebih pada para pelanggan Anda agar mereka semakin loyal dengan bisnis
yang Anda jalankan. Misalnya saja dengan memberikan penawaran khusus
pada konsumen “beli dua dapat tiga” atau memberikan voucer belanja
senilai Rp 50.000,00 yang bisa digunakan untuk pembelanjaan selanjutnya
bagi para pelanggan yang telah melakukan transaksi pembelian lebih dari
Rp 100.000,00 di perusahaan Anda.
Kedua, berikan bonus
gratisan untuk menarik minat pelanggan. Selain memberikan tambahan
keuntungan, Anda juga bisa memberikan bonus gratisan bagi para pelanggan
yang melakukan transaksi pembelian dengan nominal tertentu. Contohnya
saja seperti strategi promosi yang dilakukan para pelaku bisnis bengkel
motor yang dengan sengaja memberikan layanan cuci motor gratis bagi para
pelanggannya yang melakukan servis rutin dan ganti oli di bengkel
tersebut.
Ketiga, tawarkan hadiah menarik untuk menjaring
banyak pelanggan. Tak bisa dipungkiri lagi bila pemberian iming-iming
hadiah memang menjadi salah satu strategi pemasaran yang diminati banyak
pelanggan. Bahkan sekarang ini para konsumen tidak segan-segan untuk
memborong sebuah produk, karena mereka tertarik dengan hadiah yang
ditawarkan para produsen. Sebagai contoh sederhana, Anda bisa menawarkan
hadiah payung atau jam dinding cantik bagi para konsumen yang membeli
produk-produk tertentu.
Keempat, manfaatkan infonet
sebagai media pemasaran. Memasuki era serba digital seperti sekarang
ini, para pelaku usaha pun dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif
dalam menentukan strategi pemasaran. Jika dulunya para pelaku usaha
sangat mengandalkan metode pemasaran offline dalam melakukan transaksi
jual beli, kini seiring dengan menjamurnya media informasi dan internet
maka jarak dan waktu dapat ditembus dengan mudah. Misalnya saja dengan
membuka toko online, memanfaatkan situs jejaring sosial untuk
mempromosikan bisnis Anda, serta masih banyak lagi strategi pemasaran
online lainnya yang bisa Anda manfaatkan dengan mudah dan murah.
Kelima,
sebarkan informasi melalui pemasaran word of mouth. Memanfaatkan
bantuan konsumen dalam memasarkan sebuah produk memang menjadi pilihan
tepat dalam hal pemasaran. Untuk itu, sebisa mungkin ciptakan produk
yang unik dan strategi pemasaran yang menarik untuk memancing rasa
penasaran para konsumen. Strategi inilah yang mengantarkan kesuksesan
kripik setan Maichi, es krim Magnum, dan lain sebagainya.
Semoga
informasi strategi pemasaran kreatif buat pelanggan penasaran ini bisa
memberikan manfaat bagi para pembaca dan memberikan inspirasi baru bagi
para pelaku pasar untuk meningkatkan penjualan produknya. Maju terus UKM
Indonesia dan salam sukses.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar